Blogger Widgets

Jumat, 13 Juni 2014

REMIDIAL MATEMATIKA smst 2



REMIDIAL MATEMATIKA smst 2 
1.     Aplikasi SUKU BANYAK Dalam Kehidupan Sehari-Hari

 Baris dan deret banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dalam mengukur kecepatan kendaraan pada speedometer. Dalam speedometer terdapat angka-angka yang memiliki pola tertentu sehingga membentuk sebuah barisan aritmatika.

Dalam Ilmu Ekonomi baris dan  deret banyak digunakan dalam hal menghitung pertumbuhan penduduk dan pangan, mengukur biaya produksi dan pendapatan, serta menghitung bunga majemuk dalam dunia perbankan.


DASAR-DASAR BARIS DAN DERET
  • Barisan Aritmatika (Hitung)
Barisan Aritmatika (Hitung) ialah barisan yang perubahan suku-sukunya mempunyai selisih atau perbedaan (b) yang sama. Barisan aritmatika diperoleh dengan menjumlahkan bilangan tertentu ke bilangan sebelumnya untuk mendapatkan suku berikutnya. Deret Aritmatika (Hitung)

Deret Aritmatika (Hitung) ialah penjumlahan dari suku-suku suatu barisan aritmatika
  • Barisan Geometri (Ukur)
Barisan Geometri (Ukur) ialah barisan bilangan dengan perbandingan setiap suku dengan suku sebelumnya selalu sama. Perbandingan setiap suku berurutannya disebut rasio (r).
  • Deret Geometri (Ukur)
Deret Geometri (Ukur) ialah penjumlahan dari suku-suku suatu barisan geometri (Ukur).


APLIKASI DALAM ILMU EKONOMI BISNIS
  • Deret dalam Mengukur Pertumbuhan Penduduk
Menurut Robert Malthus, dalam mengukur Pertumbuhan Penduduk mengikuti Barisan Geometri (Ukur), sedangkan Pertumbuhan Pangan mengikuti Barisan Aritmatika (Hitung).
  • Barisan dalam Usaha Bisnis
Penerapan barisan bagi dunia bisnis yang lebih sesuai adalah Barisan Aritmatika. Karena apabila diukur dengan barisan geometri, variabel-variabel ekonomi seperti biaya produksi, modal, pendapatan, tenaga kerja akan kesulitan untuk mengikutinya dalam arti segera memenuhinya.
  • Deret dalam Mengukur Bunga Majemuk
Model deret untuk bunga majemuk (Bunga berbunga) ialah baris geometri khususnya bagi hutang piutang. Hal ini berlaku bagi dunia perbankan. Transaksi dengan model ini disebut kredit.


2.  PENERAPAN KOMPOSISI FUNGSI DAN INVERS
Teori komposisi fungsi dan invers mungkin hanya biasa kita lihat, dengar, atau bacadalam mata pelajaran matematika. Namun, jika kita kaji lebih dalam lagi, penerapan teorikomposisi fungsi dan invers dapat kita temukan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari,Berikut beberapa penerapan ilmu matematika tentang komposisi fungsi dan inversdalam kehidupan sehari-hari.

1.Proses pembuatan buku diproses melalui 2 tahap yaitu tahap editorial dilanjutkandengan tahap produksi. Pada tahap editorial, naskah diedit dan dilayout sehinggamenjadi file yang siap dicetak. Kemudian, file diolah pada tahap produksi untuk mencetaknya menjadi sebuah buku. Proses pembuatan buku ini menerapkan algoritmafungsi komposisi.

2.Untuk mendaur ulang logam, awalnya pecahan logam campuran dihancurkan menjadiserpihan kecil. Drum magnetic pada mesin penghancur menyisihkan logam magneticyang memuat unsure bes. Lalu sisa pecahan logam dikeruk dan dipisahkan, sedangkanserpihan besi dilebur menjadi baja baru. Proses pendaur ulang logam tersebutmenggunakan fungsi komposisi.

3.Sebuah lempeng emas yang dapat dibentuk menjadi berbagai perhiasan jugamenerapkan fungsi komposisi.

4.Di bidang ilmu yang lain fungsi komposisi dan inver juga di terapkan seperti:

a. Di bidang ekonomi : digunakan untuk menghitung dan memperkirakan sesuatuseperti fungsi permintaan dan penawaran.

b. Di bidang kimia : digunakan untuk menentukan waktu peluruhan unsur.

c. Di bidang geografi dan sosiologi : digunakan untuk optimasi dalam industry dankepadatan penduduk.

d. Dalam ilmu fisika sering digunakan persamaan fungsi kuadrat untuk menjelaskanfenomena gerak.

5. Dengan menggunakan komposisi warna, pada mesin cetak dapat dihasilkan warnabaru. Pembuatan warna tersebut menerapkan fungsi komposisi.
  
Ada berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari yang dapat diselesaikan denganmenggunakan fungsi komposisi seperti uraian berikut.

6. Harga jual p dari suatu komoditas ekspor hasil hutan dan jumlah terhual x,memenuhi persamaan
P = ¼ x + 150 dengan 0 x 1.000
 Misalkan biaya C dari produksi per unit adalah
Jika kita mempelajari dan memahami fungsi komposisi dengan baik, kita dapatmenentukan biaya C sebagai fungsi dan harga p ketika semua unit yang diproduksiterjual
7.Penerapan komposisi fungsi juga terdapat dalam permainan sepak bola sepertiPenyusunan pemain atau formasi pemain dalam tim.

3. Aplikasi limit fungsi
a. Bidang Kedokteran : menentukkan kacamata yang cocok untuk rabun jauh.
b. Bidang ekonomi : menghitung biaya rata-rata dan bunga.
c. Bidang pemerintahan : menentukkan pajak yang harus dibayar oleh
masyarakat.
Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak pernah sadar bahwa semua yang kita lakukan itu berkaitan dengan matematika. Misalnya seperti proses jual-beli dan lain sebagainya yang erat hubungannya dengan perhitungan. Demikian dengan limit fungsi, secara tidak sadar digunakan dalam bidang kedokteran. Seseorang yang menderita rabun jauh akan memakai kacamata lensa cekung agar dapat melihat dengan normal. Oleh karena itu, ia meminta bantuan seorang dokter. Mula-mula dokter  tersebut memeriksa dan menguji jarak pandang pasien untuk mengetahui seberapa parah penyakitnya.  Setelaha itu, dokter tersebut harus menentukan jarak fokus lensa cekung kacamata dari pasien tersebut.  dengan f = jarak fokus lesa, s = jarak mata ke benda dan s’=titik jau mata penderita. Jadi, dengan menggunakan limit fungsi, penderita rabun jauh dapat tertolong sehingga penderita  tersebut dapat melihat dengan normal kembali. Selain itu, limit fungsi juga dapat digunakan untuk menghitung kecepatan sesaat benda yang  bergerak. Dimana kecepatan rata-rata pada selang waktu t=a sampai t=a+h . Akan dicari kecepatan rata-rata pada selang waktu {a, a+h} yang sangat pendek, yang berarti h mendekati nol. Untuk h mendekati nol, kecepatan rata-ratanya disebut dengan kecepatan sesaat, yaitu  kecepatan v(a) pada saat t=a, sebagai limit dari kecepatan rata-rata. Disamping itu,limit fungsi sering digunakan oleh pemerintah dalam menentukkan pajak yang harus dibayar oleh masyarakat. Dalam bidang ekonomi, limit fungsi juga sering digunakan dalam menghitung biaya rata-rata dan bunga.

a. Bidang Teknik Informatika  
Kalau di bidang informatika itu untuk membuat kecerdasan buatan. Jika kita menjawab kita langsung dapat dua point, trus jika jika kita dapat best answers otomatis dapat 10 point, trus ada perhitungan sampai jawabannya 7 bulan yang lalu, dua menit yang lalu, gak mungkinkan manusia yang menhitungnya didalam source code dan database suatu website terdapat salah satunya yang bernama limit 

b. Bidang Kedokteran 
Misalnya untuk menghitung kerusakan dari jantung, yang hasilnya ditampilkan oleh USG, ritme ritme detak jantung pada kasus cardiac carest detak jantuk tidak berirama, maka seorang dokter harus menganalisa..dimana sich posisi letak kerusakan pada jantung sedangkan hanya melihat dari hasil USG tadi data datanya..padahal sel-sel dijantung kan banyak, nah fungsi limit ini dibutuhkan untuk menebak dimana luas area yang rusak 
Contoh lain adalah populasi bakteri atau virus dan kemungkinan berapa persen virus itu menular dengan melalui udara, area kontribusi dan kecepatan angin dihitung grafiknya melalui limit 

c. Bidang Fisika 
Menghitung rotasi bumi dan benda benda lain yang berbentuk elips kaya komet rotasinya kan elips, menghitung kekuatan aus besi apabila bergesekan dengan air asin pada teknologi perkapalan, apakah kapal laut tahan gak apabila berlayar selama 6 bulan berurut turut, sedangkan besi apabila bergesekan dengan garam bersifat korosif
ada ribuan manfaatnya disitu

d. Bidang Planologi & Lain Lain
Menentukan areal kerusakan pada saluran air, padahal kan saluran air kan didalam tanah tuh, nah darimana PDAM tahu ?? apakah semua area saluran air digali, gak kan, itu diketahui dengan menggunakan kalkulus, limit temasuk didalamnya .


0 komentar:

Posting Komentar